Perkebunan Durian Musang King Yang Menjanjikan

foto durian musang king

Durian Musang King adalah durian asli dari Malaysia yang telah menyita banyak perhatian karena keuanggulannya. Ribuan hektar lahan sawit malaysia telah dikonversi menjadi perkebunan durian dengan komoditas utama varietas durian ini. Sejarah Musang King tidak terlepas dari jerih payah Malaysia dalam menyeleksi aneka ragam durian unggul. Semenjak tahun 60-an Malaysia telah menyeleksi durian unggulan serta sukses dikembangkan (baca dikebunkan) serta jadi durian unggulan kebanggan nasional. Ada beberapa puluh varietas tetapi yang paling disukai serta jadi raja di raja durian ialah durian Musangking.

Durian atau Duren (Durio zibethinus) merupakan salah satu buah dari vegetasi tropis Asia Tenggara. Durian datang dari famili Malvaceae. Buah durian bertipe kapsul dengan bentuk bundar, bundar telur sampai lonjong panjangnya sampai 25 cm serta diameter sampai 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam atau berduri, mempunyai warna hijau kekuning-kuningan, kecokelatan, sampai keabu-abuan. Buah durian mempunyai aroma yang benar-benar tajam, serta rasa-rasanya enak, tetapi tidak kebanyakan orang senang dengan buah durian sebab aromanya yang menusuk mengakibatkan mual.

Buah Durian mempunyai beberapa spesies tidak hanya D. zibethinus (durian benar) dipandang seperti durian. Di Indonesia tertera ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30 type), tetapi cuma sembilan salah satunya yang bisa dimakan.




Apa Ciri Ciri Durian Musang King ?

Pada umumnya daging buah musang king mempunyai ciri ciri khas diantaranya dagingnya yang berwarna kuning, teksturnya lembut creamy serta tidak memiliki serat. Untuk rasanya, musang king popular dengan rasa manis legit dengan dikit semburat pahit. di bawah ini beberapa ciri lain untuk memperbedakan dengan durian varietas yang lain:


Warna kulit

Warna kulit durian sangatlah bermacam, dari mulai warna kuning-kecoklatan sampai warna hijau-keungu-unguan. Durian musang king memiliki kulit yang berwarna hijau-kekuningan. Gradasi warnanya terdapat antara ujung duri sampai ke basic kulit.


Bentuk duri

Bentuk duri pada buah durian sangat berbagai macam, tergantung pada type/varietasna. Ada yang jarang-jarang durinya, ada yang berdempetan satu dengan yang lain. Ada pula yang memiliki bentuk persegi, berupa piramid, bundar, serta durinya runcing seperti jarum. Pada durian musang king durinya berupa piramida serta terletak berjauhan satu dengan yang lain.


Garis Pembelah Kulit

Buah durian dapat dibuka melalui garis pembelah kulit. Pada beberapa durian susunan garis itu ada yang terlihat jelas. Sesaat pada durian yang lain garis ini tidak terlihat. Pada durian musang king garis ini terlihat jelas sampai pada ujung bawah buah durian yang membuat skema bintang. Justru seringkali didapati duri pada durian musang king kelihatan menjauh dari garis ini.


Bentuk mahkota.

Pada buah durian, pertemuan di antara tangkai serta buah sering disebutkan mahkota. Mahkota pada durian musang king terlihat tidak berduri, serta awal dari duri mulai berkembang kelihatan duri menjauh dari tangkai buah.


Tangkai

Tangkai pada durian musang king lumayan panjang, duri yang berupa piramida serta cukup berjauhan di antara duri-durinya. Garis pemisah yangg terlihat jelas pada bawah buah durian musang king memiliki skema bintang. Ada yang benar-benar gampang untuk dikenali yakni dengan daging buah yang warnanya kuning cerah dengan struktur yang lembut serta rasa yang manis lezat.

Jika Anda menemui buah dengan ciri-ciri durian musang king seperti di atas, karena itu bisa diyakinkan jika buah yang Anda tujuan itu memang ialah buah durian musang king.

Durian musang king terhitung masih baru di Indonesia walaupun juga sebenarnya telah lama diketemukan. Di Negara aslinya durian ini juga disebutkan dengan Durian Kunyit karena daging buahnya dengan warna orange.

Budidaya di Perkebunan


Penentuan Bibit Durian yang Pas

Bibit durian yang akan ditanam adalah satu diantara penentu yang paling punya pengaruh di kesuksesan dalam berkebun durian. Persyaratan bibit yang wajar dipakai itu harus subur, sehat , mempunyai daun yang banyak , batang yang kuat serta yang sangat penting yang perlu dilihat yakni harus terlepas dari hami atau penyakit. Bibit yang diambil untuk ditingkatkan harusnya mempunyai beberapa cabang, minimum 2 – 4 arah cabang, dan mempunyai tunas atau calon baru yang akan tumbuh.

Foto bibit durian musang king


Persiapan Tempat Tanam

Proses persiapan lahan atau waktu yang pas untuk menanam pohon durian ini semestinya dikerjakan saat musim kemarau. Ini dikerjakan supaya bibit yang ditanam terlepas dari hama atau penyakit. Upayakan supaya tanaman terserang matahari langsung untuk proses perkembangan bibit yang di tanam. Tempat yang akan dipakai pun tidak bisa terbenang air. Bila hal tersebut berlangsung pada musim hujan, karena itu bikinlah aliran air secepat-cepatnya untuk menghindarkan busuk pada akar beberapa bahkan juga semuanya yang menyebabkan tanaman durian jadi mati.


Jarak Tanam untuk Tanaman Durian

Jarak tanam yang baik dalam budidaya durian ini yakni 8 x 12 m atau 10 x 10 m. Akar durian membutuhkan pelindung supaya tidak seutuhnya terkena cahaya matahari langsung. Karena itu, saat pohon durian masih kecil, sebaiknya tanaman durian dikasih tanaman pelindung seperti pepaya, rumput gajah mini, atau tanaman yang lain yang sifatnya tidak permanen ataulah bukan tanaman keras yang bisa mengganggu perkembangan tanaman durian.

Foto perkebunan durian musang king



Ukuran Lubang Tanam

Ukuran lubang yang diperlukan dalam menanam durian memiliki ukuran seputar 50 cm. Selanjutnya biarlah lubang sepanjang 1 minggu. Campur tanah galian lubang itu dengan pupuk kandang yang telah masak atau kompos, aduk sampai rata, selanjutnya masukan ke lubang satu minggu sebelum penanaman dikerjakan.


Proses Penanaman

Penanaman tanaman yang baik itu ialah seputar awal musim penghujan. Penanaman semestinya dikerjakan pada sore hari. Membuka atau sobek plastik polibag, semestinya memakai pisau atau gunting supaya tanah pada polibag itu tidak pecah untuk menghindarkan depresi pada tanaman. Tanam bibit itu dengan perlahan serta timbun dengan tanah yang telah disiapkan awalnya sampai seputar 2 atau 3 jari batang yang ditanam atau sampai batang tanaman kuat. Selanjutnya siram tanaman seperlunya serta kerjakan penyiraman dengan teratur serta perlahan untuk menghindarkan bentrokan keras di antara air serta batang sampai tanaman durian betul-betul tumbuh.

Pemeliharaan

Penyiraman

Bibit durian yang barusan ditanam memerlukan penyiraman 1x satu hari, khususnya jika bibit ditanam pada musim kemarau. Sesudah tanaman berusia sebulan, pemberian air pada tanaman durian bisa dikurangi seputar 3x satu minggu. Proses penyiraman tanaman durian dapat dikerjakan di sore dan pagi hari. Kekurangan air akan mengaklbatkan buah rontok.

Penyiangan

Penyiangan butuh dilaksanakan untuk menghindarkan kompetisi dengan tanaman lain seperti rumput yang tumbuh di sekitar pohon khususnya selama saat perkembangan. Penyiangan ini dikerjakan pada diameter 1 m di setiap tanaman. butuh dikerjakan pemotongan untuk akar pohon hingga menghalangi perkembangan vegetatif tanaman sampai 40% sepanjang ± 1 musim. Sepanjang itu juga tanaman tidak dipotong. Pemotongan akar tidak hanya membuat tanaman jadi cepat berbuah tingkatkan kualitas buah, yang dapat lebih keras serta lebih bertahan lama.

Pemupukan

- Berikan NPK 500g pada usia 1 tahun. Jumlahnya pupuk bertambah tiap tahun, 1 kg NPK
pada usia 2 tahun. 1.5 kg NPK pada usia 3 tahun, 2 kg NPK pada usia 4 tahun.
- Tempalkan pupuk pada rorak (selokan) memutari tanaman dengan kedalaman 10-
15 cm. Lingkaran beralih mengikuli perkembangan lanaman serta judul pohon.
- Taburkan pupuk dengan rata ke rorak serta tutup kembali dengan tanah.


Tabulampot Durian Musang King


Foto Tabulampot durian

Persiapan Media Tanam Tabulampot

Media tanam tabulampot semestinya harus disesuaikan dalam kerangka jika media tanam harus dapat memberi suport maksimal buat perkembangan serta perubahan tanaman, hingga selanjutnya media tanam harus dapat memberi dukungan dengan fisik, kimia, atau biologis. Suport fisik ialah potensi media tanam dalam memberi ruangan tumbuh maksimal buat akar, menyiapkan pembagian pori makro buat penyediaan air/lengas tanah dan pembagian pori makro buat penyediaan oksigen untuk pernapasan akar. Kondisi baik semacam ini cuma dapat berlangsung bila dikerjakan modifikasi pada susunan tanah. Susunan mampat pada tanah harus diubah supaya susunan jadi lebih remah (crumb), sesaat susunan tanah terlepas harus diubah supaya jadi lebih remah hingga dapat “dipegang” oleh akar tanaman.

Secara kimiawi, media tanam harus juga memberi suport dengan kemampuaannya untuk menerima, mengikat serta melepas faktor hara alami yang dikandungnya atau menambahkan faktor hara yang diberikan yaitu berbentuk pupuk, baik organik atau anorganik. Serta yang paling akhir ialah suport biologis media tanam yang direalisasikan berbentuk terdapatnya ruangan tumbuh yang maksimal buat kehidupan mikrobia-mikrobia tanah untuk jalankan kegiatan kehidupan dalam membuka bahan atau senyawa organik di media tanam. Hasil akhir dekomposisi bahan atau senyawa organik ialah berbentuk hara-hara yang penting serta benar-benar diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh serta berkembang dengan maksimal.

Bila lihat ukuran pot yang hanya terbatas, media tanam harus dibikin subur dengan fisik, subur dengan kimia serta tentunya subur dengan biologis supaya terbatasnya volume dalam pot itu dapat memberi suport maksimal buat perkembangan serta perubahan tanaman. Ke-3 kesuburan itu dapat didapat dengan melakukan modifikasi media tanam dengan mencampurkan beberapa bahan dengan pembagian tersendiri. Berdasar pengalaman, saya biasa membuat media tanam dengan 3 bahan penting, yaitu tanah, pupuk kandang, serta sekam padi.

Persiapan Bibit Durian

Di dalam budidaya durian memilih bibit durian yang pas merupakan syarat wajib. Memilih bibit durian yang unggul memang susah untuk kita yang masih pemula serta belum memahami dengan tanaman ini. Sebab untuk memperoleh durian yang berkualitas baik, bibitnya pun juga harus baik.. Saat ini banyak orang yang menangkarkan bibit durian serta kita dapat dengan gampang bisa memilih sendiri bibit durian .

Untuk type atau varietas durian sendiri banyak serta bermacam. Kita dapat dengan gampang memastikan ingin type durian apa yang akan kita tanam. Berikut ini adalah ciri-ciri bibit durian yang baik serta berkualitas:
  • Bibit durian terlepas dari penyakit, ini akan kelihatan dari fisik bibit durian, baik batang atau daunnya.
  • Keadaan batang dan cabang akan kelihatan kuat serta sehat, serta batang penting akan terlihat lurus, tumbuh dengan tegak serta tidak melengkung. Diluar itu mempunyai banyak cabang disegala arah.
  • Bibit durian telah berusia minimal 6 bulan.
  • Tinggi penempelan okulasi kira-kira 10 cm dari pangkal leher batang.
  • Bibit durian mempunyai tinggi sekitar 40-50 cm, atau sesuai dengan umurnya.
  • Untuk diameter batang paling tidak sampai 1 cm s/d 1,5 cm.
  • Pilih banyak daun, sekurangnya 8-10 helai daun.

Penanaman di Pot

Bila bibit durian sudah berusia 12 bulan atau satu tahun, bibit bisa dipindah berikan dalam pot/drum. Sediakan media tanam berbentuk tanah liat, pupuk kandang serta jerami dengan perbandingan 1:1:1. Bila media tanam sudah siap, seterusnya masukan ke pot/drum yang akan dipakai untuk menanam durian.

Bikinlah lubang tanam di media tanam lalu tanam bibit durian pada lubang itu serta tutup kembali dengan media tanam yang ada di sekelilingnya. Kemudian, siram fengan larutan perangsang perkembangan akar dengan teratur tiap hari sepanjang satu minggu pertama penanaman. Dosis yang diberi yakni 25 ml/10 liter air.

Agar Tabulampot Durian Musang King Cepat Berbuah

Harapan setiap orang yang menanam tabulampot adalah tanaman tersebut bisa segera berbuah. Kemampuan tanam yang hanya terbatas tentu saja membuat tanaman juga susah membuahkan buah. Seringkali tanaman justru tidak segera berbuah serta daunnya saja yang lebih lebat. Untuk menangani hal tersebut, yuk, kerjakan langkah di bawah ini.

1. Jangan sampai tanaman kekeringan

Menanam tanaman dalam pot tidak bermakna harus terlalu berlebih dalam menyiramnya. Untuk beberapa tanaman buah seperti mangga serta jambu air, semestinya cukup disiram 2x satu minggu waktu baru ditanam.

Masalahnya menyiram terlalu berlebih akan menghalangi rangsangan untuk membuahkan bunga, malah cuma daunnya yang makin lebat. Diluar itu, diawalnya penananam, biarlah tanaman terkena cahaya matahari untuk percepat proses fotosintesis.

Pada musim panas, Anda dapat memberikan tambahan waktu penyiraman, contohnya jadi tiap hari. Jauhi menyiram daunnya waktu pagi hari sebab membuat proses fotosintesis terusik.

2. Pangkas cabang yang tidak produktif dan kurangi daunnya

Bila tanaman buah Anda justru makin lebat daunnya, buat tanaman itu depresi hingga merangsang perkembangan bunganya. Triknya, bikinlah guratan pada batangnya serta singkirkan daun-daun yang telah tua dan kering hingga cuma sisi daun mudanya yang masih sisa.

3. Berikan pupuk organik agar tanah lebih subur

Jangan senang cukup dengan menyiram serta biarkan tanaman terserang cahaya matahari. Konsumsi mineral dari pupuk kandang akan membuat tanaman jadi tumbuh dengan subur serta membuahkan tunas baru.

Bila Anda begitu ribet untuk lakukan pembelian pupuk, Anda dapat membelinya dengan online. Serta, tanaman juga cukup dikerjakan pemukukan 1x satu bulan.

4. Pastikan mendapat sinar matahari yang cukup

Ada banyak tanaman yang memerlukan cahaya matahari, seperti mangga, sirsak, serta kelengkeng. Tanaman ini akan bertahan walau cahaya matahari cukup terik. Tetapi, untuk tanaman jeruk, apel, ceri, serta belimbing memerlukan cahaya matahari dengan intensif sedang, sebab daunnya gampang layu waktu panas.

Jadi waktu hari mulai masuk waktu siang, alihkan tanaman yang perlu cahaya sedang ke tempat yang lebih sejuk.


5. Jaga kebersihan di sekitar tanaman

Buanglah selekasnya daun yang jatuh supaya tidak busuk yang dapat mengundang bakteri serta jamur yang beresiko menularkan tanaman. Kerjakan juga pemotongan tiap bulan supaya tanaman tidak jadi rimbun dengan daun tua yang membuat perkembangan bunga serta akan buah terhalang.
Anda pun harus rajin memeriksa keadaan daun serta batang supaya terlepas dari hama.

Pemanenan Buah Durian

Ada 3 cara memanen durian  yaitu :

1. Tipe Durian Mentah Diperam

Langkah memanen buah durian, yang mentahpun turut dipanen dengan lakukan pemetikan pada tangkai buah durian yang masih mentah, dengan keinginan kelak diperam (diimbu) semakin lama dapat masak. Perlu untuk diketahui jika langkah memanen semacam ini ialah kurang bagus, sebab pemeramannya lumayan lama, serta sering rasa buahnya menyusut (rasa manisnya menyusut serta struktur daging buahnya cukup keras), meskipun pada akhirnya ada juga yang masak, tetapi risiko tidak enak semakin banyak.

2. Tipe Buah Durian Hampir Masak

Langkah memanen buah durian yang hampir masak lewat cara menuai tangkainya dengan keinginan diperam sesaat bisa masak. Langkah memanen semacam ini diperbolehkan, sebab buah yang telah mulai masak telah terlihat kelezatannya. Mengenai beberapa ciri buah yang mulai masak, warna kulitnya kecoklatan, tangkai buah mulai kelihatan sekat putusnya.

3. Tipe Durian Jatuh/Runtuh

Langkah memanen buah durian yang telah jatuh sendiri dari pohon, automatis buah durian ini telah masak. Agar jatuhnya tidak langsung ke tanah, karena itu butuh diikat buahnya dengan tali rafia serta diikatkan ke batang paling dekat agar kelak saat jatuh sendiri tidak melaju ke tanah, tetapi dalam keadaan bergelantungan di atas pohon. Buah durian yang masak pohon ialah sebaik-baiknya masak serta rasa-rasanya prima kelezatannya.

Memahami Musim Panen Durian

Menurut Salim seorang pedagang durian (kompas.com/travel, 2018) awal panen durian di Indonesia diawali waktu pertengahan tahun, yakni bulan Juli. Secara berturut turut, bulan Juli-Agustus, panen durian berjalan di lokasi Medan serta Aceh. "Dari Medan, lompat ke Semarang sekitar September-Desembernya.  Kemudian, masuk pertengahan September Anda dapat memburu panen durian di Bogor, persisnya Rancamaya Jonggol. Wilayah Cianjur kota juga ikut panen raya pada pertengahan September.

Ke arah bulan Oktober, giliran Propinsi Banten yang didapati durian roboh. Panen di Banten berjalan di Pandeglang. Tetapi, bulan Januari ke Februari masih ada panen di Banten, yakni di Baduy. "Januari itu ada juga Lampung, panen. Selang dua minggunga baru durian di Palembang, panen Durian di Jawa Tengah serta Timur, seringkali panen di bulan Februari sampai Maret. Selesai di bulan Maret, dengan panen durian di Bengkulu.

Reverensi :

PEDOMAN BUDIDAYA TANAMAN DURIAN (Durio zibethinus). http://bp2sdmk.dephut.go.id/emagazine/index.php/teknis/21-pedoman-budidaya-tanaman-durian-durio-zibethinus.html
Ini Agenda Panen Durian di Indonesia. https://travel.kompas.com/read/2018/03/08/083200827/ini-jadwal-panen-durian-di-indonesia.

0 Response to "Perkebunan Durian Musang King Yang Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel